Sunday, 16 March 2025

Tugas B. Indonesia

1. Tuliskan 5 kata benda konkret dan 5 kata benda abstrak yang terdapat dalam artikel tersebut!


2. Tuliskan 5 kalimat aktif dan 5 kalimat pasif yang terdapat dalam artikel tersebut!


3. Berapa jumlah paragraf artikel cerita inspiratif tersebut?


4. Tuliskan 5 kelompok kata yang terdapat dalam artikel tersebut!


5. Pengembangan paragraf pertama dalam artikel tersebut menggunakan pola deduktif, induktif, deskriptif, atau campuran? Jelaskan!


6. Tuliskan 5 kalimat opini dan 5 kalimat fakta yang terdapat dalam artikel tersebut!


7. Jelaskan 5 manfaat belajar "Ngeblog"!



1. Kata Benda Konkret:

    1. Komputer

    2. Sekolah

    3. Buku

    4. Blog

    5. Internet

Kata Benda Abstrak:

    1. Kreativitas

    2. Komunikasi

    3. Keterampilan

    4. Pengalaman

    5. Identitas


2. Kalimat Aktif:

1. Siswa dapat menulis berbagai artikel atau esai yang kemudian bisa mereka tampilkan di blog mereka.

2. Ngeblog memberi kesempatan bagi siswa untuk mempelajari bagaimana mengkomunikasikan ide mereka secara efektif di dunia digital.

3. Siswa yang menulis blog perlu mencari informasi yang akurat dan relevan untuk mendukung pendapat atau gagasan mereka.

4. Dengan memiliki blog, siswa juga bisa belajar bagaimana menangani komentar negatif atau kritik dengan bijak.

5. Ngeblog dapat membuka berbagai peluang karir di masa depan.


Kalimat Pasif:

1. Membangun portofolio daring melalui blog dapat menjadi hal yang sangat berharga di masa depan.

2. Keterampilan ngeblog dapat membuka berbagai peluang karir di masa depan.

3. Banyak profesi yang memerlukan keterampilan menulis.

4. Hak cipta dan plagiarisme perlu dipelajari oleh siswa.

5. Reputasi digital mereka perlu dijaga oleh siswa.


3. 7 paragraf


4. 1. Kata kerja: menulis, mencari, mengekspresikan, membangun, mengembangkan

2. Kata benda: blog, siswa, sekolah, keterampilan, portofolio

3. Kata sifat: digital, pribadi, profesional, positif, informatif

4. Kata keterangan: secara, online, daring, sejak dini, di masa depan

5. Kata abstrak: kreativitas, riset, analisis, etika, tanggung jawab


5. Pengembangan paragraf: Pola deduktif, karena paragraf pertama memulai dengan pernyataan umum tentang pentingnya belajar ngeblog, kemudian diikuti dengan penjelasan lebih spesifik tentang manfaat ngeblog


6. Kalimat Opini:

1. Ngeblog merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa kelas 9 SMP.

2. Belajar ngeblog dapat membuka berbagai peluang karir di masa depan.

3. Ngeblog dapat menjadi sarana ekspresi pribadi dan pembelajaran yang berguna untuk masa depan mereka.

4. Siswa yang sudah terbiasa ngeblog sejak dini memiliki keunggulan kompetitif dalam hal keterampilan ini.

5. Ngeblog tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis dan komunikasi digital, tetapi juga mendorong kreativitas, riset, serta kemampuan analitis.


Kalimat Fakta:

1. Siswa di kelas 9 SMP sering berada dalam fase pencarian identitas dan seringkali membutuhkan sarana untuk mengekspresikan perasaan dan pandangan mereka.

2. Banyak topik yang dapat dibahas dalam sebuah blog memerlukan riset.

3. Dunia kerja saat ini semakin bergantung pada media digital dan kemampuan menulis secara online.

4. Banyak profesi yang memerlukan keterampilan menulis, seperti jurnalis, content creator, copywriter, dan digital marketer.

5. Ngeblog dapat membantu siswa membangun portofolio daring yang dapat dijadikan referensi ketika mereka mencari beasiswa, melamar pekerjaan, atau bahkan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.


7. Manfaat belajar ngeblog:*

 1. Mengasah keterampilan menulis

 2. Meningkatkan kreativitas

 3. Meningkatkan kemampuan komunikasi       digital

4. Membantu siswa mengembangkan     keterampilan berpikir kritis

5. Memberikan pengalaman berkomunikasi   secara online

No comments:

Post a Comment